google + adib hillman |
Tulisan ini merupakan analisa dari salah
satu iklan media televisi yakni Iklan Aplikasi Chatting KAKAO TALK (Versi
Joget).
Beberapa hal yang dianalisa dari iklan
ini antara lain :
1. Penerimaan stimuli secara indrawi (Deskripsi)
2. Proses yang mengantarai stimuli
dan respon
3. Prediksi respon
4. Peneguhan respon
1. Penerimaan Stimuli Secara Indrawi (Deskripsi)
Iklan Kakao Talk ini menggambarkan tentang kehidupan
kaum muda modern saat ini yang diperankan oleh penyanyi terkenal, Ello dan
Anastasia (Artis) sebagai pemeran utamanya.
Iklan yang berdurasi 30 detik ini menceritakan
sepasang kekasih/gebetan yang sedang chatting menggunakan KAKAO TALK. Pada
iklan ini, KAKAO TALK menonjolkan banyaknya ragam emoticon dalam chatting yang
lucu, ekspresif dan sangat menggemaskan.
Dari segi tampilan cerita, iklan diawali dengan
dugem/joget di club malam dengan diiringi lagu – lagu mix, lampu gemerlap dan
sedikit remang-remang yang idenik dengan club malam. Gadis – gadis metropolitan
modern menjadikan model yang melekat dengan suasana dugem/joget saat itu.
Datang Ello (Penyanyi) dengan langsung bergabung untuk
ikut joget bersama dengan gadis-gadis cantik itu. Tak selang berapa lama, ada
lemparan sepatu boneka dari sisi kiri wajah Ello.
Datang boneka dengan wajah berekspresi marah dan
menyeramkan berwana hijau memberontak diantara gadis-gadis yang sedang berjoget
ria. Suasana berubah menjadi lebih manakutkan, jeritan gadis-gadis itu terpecah
karena ketakutan ketika melihat boneka warna hijau dengan ekspresi menyeramkan
itu karena marah.
Satu lagi sepatu boneka itu dilempar dengan kaki ke
arah wajah Ello yang masih kaget melihatnya. Ello terbungkuk menahan rasa sakit
di wajahnya, kemudian boneka marah itu mendekati Ello untuk di tendang
bokong/pantat Ello sampai tersungkur ke lantai. Tidak ada unsure kekerasan
dalam iklan ini, karena iklan ini dikemas tanpa mengurasi kelucuan boneka dan
jalan ceritanya.
Setelah menjelang akhir cerita yang mendramatisir ini,
bunyi nada dering KAKAO TALK yang bertepatan dengan transisi atau pergantian
gambar ke arah tampilan handphone yang sedang menunjukkan percakapan antara
Anastasia dan Ello. Tampilan itu berisi chatting/pesan singkat dari Anastasia
yang tampak cemburu dan curiga dengan Ello yang pergi joget ke club, “Kamu joget aja ya, Jangan macem-macem lho.!”
plus dengan emoticon marah yang berekspresi menakutkan itu. Emoticon yang ada
di KAKAO TALK dengan boneka itu dibuat sama persis dengan animasi emoticonnya,
Boneka berwarna hijau yang sedang marah sambil menendang-nendangkan sepatunya.
Kemudian Ello membalas chatting Anastasia dengan
senyum-senyum malu, karena emoticon yang diberikan Anastasia kepada Ello
seperti warning/peringatan/kode yang sangat jelas.
Setelah itu, Endingnya Ello berjoget dengan background
kuning yang merupakan warna brand dari aplikasi chatting KAKAO TALK ini sambil
memainkan handphone dengan dibumbuhi animasi beberapa karakter emoticon yang
dimiliki KAKAO TALK keluar dari dalam handphone Ello satu persatu. Semabari Ello
berjoget sambil bermain handphone, Voice Over memberi penyataan yang berbunyi, “Sampaikan
langsung perasaan kamu dengan Live Emoticon dari KAKAO TALK”.
FunTalk
KakaoTalk.
Dengan background kuning disertai dengan logo KAKAO
TALK dengan tagline-nya “FunTalk KakaoTalk”. Ada juga tulisan “Download
sekarang juga di, BBM World, App Store, Google Play, dan Windows Store
dibawahnya.
2. Proses yang Mengantarai Stimuli dan Respon
Proses yang mengantarai stimuli dan respon, kita
bicara soal respon atau efek yang diberikan komunikan kepada komunikator dan
feed back (timbal balik) yang diberikan komunikan kepada komunikator.
Pandangan saya melihat iklan KAKAO TALK ini bisa saya
katakan kreatif, karena apa.? dengan melihat karakter emoticon yang semestinya
ada di handphone bisa menjadi hidup dengan media boneka dan sangat ekspresif
kepada orang yang sedang bertransaksi komunikasi dengan chatting menggunakan “Life Emoticon” seperti semboyan KAKAO
TALK tadi.
Bonekanya lucu, padahal boneka itu berekspresi menyeramkan
karena sangat marah. Pesan itu benar-benar tersampaikan dengan ekspresi
emoticon yang sangat ekspresif sehingga kita bisa mengerti dan tahu maksud
pesan tersebut dengan memperlihatkan pesan nonverbal yang menggunakan ekspresi
dari emoticon tersebut.
Ketika Si A marah dengan Si B, Si A mengirim karakter
emoticon dengan ekspresi marah kepada Si B itu melalui pesan chattingnya, tapi
ketika pesan itu samapi di Si B, karakter emoticon itu berubah menjadi hidup
dengan media boneka sesuai pesan yang disampaikan oleh Si A, yaitu boneka
dengan ekspresi marah-marah dan menendang-nendang. Life Emoticon.
Sangat kreatif, lucu dan unik bukan.?
Pernah terbesit dipikiran saya ketika melihat iklan
ini, enak kali ya, chattingan pake Life
Emoticon kayak gitu, lebih ekspresif dan lebih seru pastinya. Sempat ingin
membeli handphone android dan segera memasang aplikasi chatting KAKAO TALK
untuk kemudian berchatting ria dengan Life
Emoticon yang dimiliki KAKAO TALK.
3. Prediksi Respon
Prediksi respon, bicara soal prediksi, menurut saya
aplikasi chatting KAKAO TALK ini akan banyak yang mengunduh atau mendownload
aplikasi chatting ini. Apa alasannya.? yang paling mendasar adalah, saat ini
lagi musim smartphone atau handphone pintar, ini juga banyak laku dipasaran. Karena
factor musim smartphone inilah yang akhirnya mendorong audience untuk
mendownload aplikasi-aplikasi baru yang menarik dan benar-benar baru dalam
inovasinya. Bukan smartphone namanya kalau tidak punya banyak aplikasi, apalagi
aplikasi chatting.
Iklan KAKAO TALK ini sangat kreatif dalam membuat
iklan dengan tujuan persuatif, mempengaruhi khalayak/audience untuk segera
menajajal aplikasi chatting keren ini. Jadi Iklan Aplikasi Chatting ini menurut
saya bakal banyak yang mengunduh/mendownload untuk mecoba memainkan Life Emoticon yang ekspresif dan
lucu-lucu.
4.
Peneguhan Respon
Meski dalam prediksi respon saya mengatakan akan
banyak yang mengunduh atau mendownload aplikasi chatting itu. Ternyata tidak
semua orang mendownloadnya karena berbagai macam alas an masing-masing.
Faktanya adalah, saya mencoba bertanya pada beberapa
teman yang menggunakan smartphone, apa kamu udah pernah download atau pake
aplikasi chatting KAKAO TALK.? Hampir semua bilang pernah. Akan tetapi ketika
ia mencoba aplikasi itu, tidak berapa lama banyak yang tidak memakainya lagi
(Uninstall) dengan alasan sepi.
Setidaknya para audience/khalayak yang menonton iklan
tersebut sudah dibuat penasaran oleh iklan tersebut sehingga audience
mendownload aplikasi tersebut untuk dijajal. Entah itu dipakai atau tidaknya
aplikasi ini, itu bukan masalah, karena ini bicara bagaimana audience/khalayak
terpengaruh sehingga penasaran dibuatnya.
4 komentar
Keren Bos Adib.
ReplyPembahasannya sangat mendalam
Terima kasih kang udah mampir. . .
Replyiklan nya keren2 terutama sih emoticon2 nya. nih gue dapet boneka emoticon kakao talk disini http://goo.gl/EQyKJV
ReplySippp. . . Makasih kunjungannya
ReplyPosting Komentar