[Psikologi Komunikasi] -- Review Tentang Ilmu Komunikasi dan Apa itu Psikologi.?

Task
Apa yang dimaksud dengan psikologi.?
Pengertian Psikologi menurut Muhibbin Syah (2001), psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk , berjalan dan lain sebgainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.

(Sumber : Muhibbinsyah. 2001. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.)

A. Teori yang berkaitan dengan psikologi :

TEORI PSIKOLOGI PENDIDIKAN :

# Teori Koneksionisme Menurut Thorndike
Dalam proses belajar ada hubungan stimulus dan respon. Namun harus ada kemampuan untuk memilih respon yang tepat serta melalui usaha-usaha atau percobaan-percobaaan (Trials) dan kegagalan-kegagalan (Error) terlebih dahulu.
Untuk melakukan seleksi, ada beberapa hukum belajar dari Thorndike :
- Hukum Kesiapan (The Law Of Readiness)
- Hukum Latihan (The Law Of Experience)
- Hukum Akibat (The Law Of Effect)

(Sumber : Psikologi.net & Psikologi Pendidikan oleh Suryabrata Sumadi, 2004)

B.  Pengertian Psikologi menurut anda sendiri berdasarkan teori psikologi pendidikan :

Setelah saya buka apa itu psikologi dan teorinya, ternyata banyak teori dari beberapa  pakar psikologi, namun disini saya memilih teori psikologi pendidikan.
Menurut saya pengertian psikologi dari teori pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam konteks pendidikan.
Apa yang dimaksud dengan komunikasi.?
Komunikasi adalah suatu transaksi, proses simbolik yang menghendaki orang-orang mengatur lingkungannya dengan (1) membangun hubungan antarsesama manusia (2) melalui pertukaran informasi (3) untuk menguatkan sikap dan tingkah laku  orang lain (4) serta berusaha mengubah sikap dan tingkah laku itu.

(Sumber : Pengantar Ilmu Komunikasi oleh Hafied Cangara, 1998 :18)

A. Teori yang berkaitan dengan Komunikasi :

TEORI INFORMASI ATAU MATEMATIS

Salah satu teori komunikasi klasik yang sangat mempengaruhi teori-teori komunikasi selanjutnya adalah teori informasi atau teori matematis. Teori ini merupakan bentuk penjabaran dari karya Claude Shannon dan Warren Weaver (1949, Weaver. 1949 b), Mathematical Theory of Communication.
Teori ini melihat komunikasi sebagai fenomena mekanistis, matematis, dan informatif: komunikasi sebagai transmisi pesan dan bagaimana transmitter menggunakan saluran dan media komunikasi. Ini merupakan salah satu contoh gamblang dari mazhab proses yang mana melihat kode sebagai sarana untuk mengonstruksi pesan dan menerjemahkannya (encoding dan decoding).

(Sumber : Fisher, B. Aubrey, 1986, Teori-teori Komunikasi. Penyunting: Jalaluddin Rakhmat, Penerjemah: Soejono Trimo. 
Mulyana, Dedy, 2001, Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigma Baru Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya)

B. Pengertian Komunikasi menurut anda sendiri berdasarkan teori Informasi atau Matematis

Banyak sumber dan pendapat para ahli tentang apa itu komunikasi dan disini saya memilih Teori Informasi atau matematis karya Shannon and Weaver.
Menurut saya pengertian komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku melalui media. Seperti telepon misalnya, komunikator membutuhkan sinyal untuk bisa berkomukasi via telepon yang kemudian sinyal itu yang akan menhubungkan dengan sinyal komunikan.
Apa yang terjadi dalam proses komunikasi intrapersonal.?
Yang terjadi adalah proses pengolahan informasi pada individu yang melibatkan empat tahapan yang saling terkait, yaitu 1.) Sensasi, 2.) Persepsi, 3.) Memory, dan 4.) Berfikir.

1.) Sensasi adalah Proses menangkap Stimuli (Rangsangan)
2.) Persepsi adalah Proses pemberian makna pada sensasi
3.) Memory adalah Proses menyimpan dan memanggil kembali informasi bila diperlukan.
4.) Berfikir adalah Proses penarikan kesimpulan untuk memahami realitas dalam rangka mengambil keputusan, memecahkan persoalan, dan menghasilkan sesiatu yang baru.

(Sumber : Catatan dari mata kuliah pengantar komunikasi semester satu)
Berikan pengertian dan contoh dari frame of reference dan field of experience.!
Frame of Reference
Merupakan bingkai referensi seperti pengetahuan. Disimpulkan juga sebagai latar belakang yang berhubungan dengan pengetahuan, pendapat-pendapat tertentu, dan pendidikan.

Contoh : Si A seorang mahasiswa ingin berbincang-bincang mengenai perkembangan valuta asing dalam kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi. Bagi si A tentunya akan lebih mudah dan lancar apabila pembicaraan mengenai hal tersebut dilakukan dengan si B yang juga sama-sama mahasiswa. Seandainya si A tersebut membicarakan hal tersebut dengan si C, sorang pemuda desa tamatan SD tentunya proses komunikaasi tidak akan berjalan sebagaimana mestinya seperti yang diharapkan si A. Karena antara si A dan si C terdapat perbedaan yang menyangkut tingkat pengetahuan, pengalaman, budaya, orientasi dan mungkin juga kepentingannya. (Sendjaja, 1994 : 33)

Namun menurut Wilbur Schramm (dalam Effendy, 1994) menyatakan bahwa komunikasi akan berhasil (terdapat kesamaan makna) apabila pesan yang disampaikan oleh komunikator cocok dengan kerangka acuan (frame of reference) ,yakni paduan pengalaman dan pengertian (collection of experiences and meanings) yang diperoleh oleh komunikan. Schramm menambahkan, bahwa bidang (field of experience) merupakan factor penting juga dalam komunikasi. Jika bidangpengalaman komunikator sama dengan bidang pengalaman komunikan, komunikasi akan berlangsung lancar. Sebaliknya, bilabidang pengalaman komunikan tidak sama dengan bidang pengalaman komunikator, akan timbul kesukaran untuk mengertisatu sama lain.

Field of Experience
adalah Bidang pengalaman. Jika bidang pengalaman komunikator sama dengan bidang pengalaman komunikan, komunikasi akan berlangsung lancar. Sebaliknya bila pengalaman komunikan berlainan, akan terdapat kesukaran untuk mengerti satu sama lain. (Wilbur Schramm)

Field of Experience juga merujuk pada bidang pengalaman seseorang. Disimpulkan juga sebagai latar belakang pengalaman yang dimiliki oleh orang-orang yang terlibat dalam kegiatan berkomunikasi.

Contoh : Bicara soal caleg dan baliho-balihonya, semua orang yang tidak semua tahu politik semua akan berbicara soal caleg di salah satu warung kopi misalnya. ada yang bilang caleg partai A begini, ada yang menanggapi, menambahi, bahkan bercerita pengalaman yang ia tahu soal caleg itu.

(Sumber : Dimensi-dimensi Komunikasi oleh Onong Uchjana Effendi )

2 komentar

ini buat aku ta? baru baca soalnya haha

Reply

Buat semua penikmat blog dan para blogger lainnya. . .
Bagus kalo bermanfaat. . .

Reply

Posting Komentar