Antara Usaha Menuju Sukses dan Usaha Hanya Sekedar Bertahan Hidup

Judul yang amat sangat memilukan. Hidup ini memang didesain sedemikian mungkin untuk bisa meraih impian-impian menuju sukses merupakan tujuan mutlak anda sekalian. Hidup ini adalah jembatan penghubung kemana kita ingin pergi (Kesuksesan/Impian anda), apabila kita tidak mempunyai tujuan dalam hidup, hidup ini terasa seperti hambar dan biasa saja tetapi jika kita menginginkan tantangan, ketika tiba tantangan itu, lalu anda banyak beralasan, mengeluh, malas yang mungkin anda membuat alasan kuat terhadap itu. Kita penentu kesuksesan kita, bukan orang lain. Hanya kita dan tindakan kita yang akan mewujudkan semua impian anda. Sukses adalah bicara soal gairah, komitmen,  perjuangan, tidak ada kata menyerah atau mundur atau bahkan lari dari kenyataan, kemudian sukses. Kita harus bersedia berjuang untuk meraih impian kita, kita juga harus bertindak melakukan apa yang memang harus dilakukan, sampai waktu yang memang diperlukan untuk kemudian kita bisa mencicipi kesuksesan (dalam hal apapun).

Banyak calon pemenang di dunia ini yang masih berjuang untuk meraih kesuksesan atau impiannya, tapi banyak juga yang memilih untuk menyerah dan berhenti di tengah jalan. Itu sangat disayangkan, mereka akan menyesalinya nanti. Hidup ini memang didesain dengan menciptakan tujuan hidup yang harus anda buat dan anda raih, jika anda memilih untuk berhenti atau menghapus mimpi anda ditengah jalan, alangkah menyesalnya anda nanti, tak ada makna dalam hidup anda. Jika mungkin anda termasuk golongan yang mampu meraih mimpi itu dengan penuh perjuangan yang diwujudkan dengan tindakan yang harus mereka lakukan sampai waktu yang memang dibutuhkan. Wujudkan.! Ada juga termasuk dari golongan anda yang mempunyai mimpi yang ingin dia raih tapi mereka harus bersusah-susah payah terlebih dahulu untuk “mensukseskan kehidupannya” terlebih dahulu sebelum anda berkomitmen dalam meraih mimpi.

Maksud mensukseskan kehidupan disini adalah mensukseskan terlebih dahulu masalah – masalah kehidupan, seperti misalnya masalah kemampuan mensejahterakan diri dan keluarga. Kita hidup di dunia ini juga ada yang mampu dan ada juga yang tidak, faktor ini sangat mempaengaruhi menurut dan dengan pengalaman saya. Ketika anda termasuk golongan yang mampu, beruntunglah anda, mimpi anda tinggal selangkah lagi, tapi ketika yang tidak, “sukseskan kehidupanmu” dulu sebelum mengejar dan meraih cita-cita atau imipian mu berikutnya. “Raih kesuksesan-kesuksesan kecil dalam kehidupanmu sebelum meraih kesuksesan-kesuksesan besar dalam impianmu”.

Semua berhak meraih bermimpi dan meuwjudkannya | Miskin / Tidak mampu bukan penghalang mutlak mimpi anda


Gimana kalau misalnya anak seorang tak mampu memiliki cita-cita atau impian yang ingin ia raih, ia berusaha keras, ia juga bertindak tapi apa daya tidak bisa mendapatkan sarana dan prasana untuk menunjang tindakannya karena status sosialnya itu, apa dunia sekejam itu menutup pintu impian pada seorang pemimpi yang ingin menjadikan itu nyata.? Semua itu ada cara dan jalan keluarnya. Maka dari itu jangan berkecil hati, teruslah berjuang  “sukseskan dahulu kehidupanmu”, setelah sukses lanjutkan membuka buku impianmu yang selama itu tertutup dan berdebu.

Allah menghargai orang-orang yang mempunyai komitmen. Lakukan.! Keajaiban akan mengelilingi anda. Semua berproses, Allah menilai ketika kita mulai bertindak menyeleseikan sesuatu dan tidak mudah mengeluh dan menyerah. Semua orang BERHAK sukses, tak memandang apapun itu.

Sukses memiliki arti yang sangat luas. Menurut saya pribadi sukses adalah output atau hasil dari sebuah kerja keras, komitmen,  perjuangan, pantang menyerah, betindak, bertindak, bertindak, dan bertindak. Sebesar apapun impian anda tanpa disertai dengan tindakan itu adalah omong kosong. Jika anda berhasil mendapatkan sesuatu, keinginan, atau impian anda melalu proses yang saya sebutkan diatas, anda sudah bisa dikatakan orang sukses. Tetapi jika anda meraih sesuatu dengan instan tanpa adanya keringat dalam usaha, saya ragu mengatakan orang itu adalah orang yang sukses. Setelah saya membaca buku inspiratif dari kisah Ruben Gonzalez, dia merubah jalan pikiran saya, dia mengatakan “Lakukan saja, walau ketakutan menghantuimu, ketakutan itu akan hilang dengan sendirinya.” Ketakutan bagaikan tirai asap, lakukan saja, maka ketakutan akan hilang dengan sendirinya. Kita bisa mengambil pelajaran dari kalimat itu. Jangan kita takut dengan apapun yang terjadi di dunia ini, itu hanya perasaan negatif dalam diri anda yang akan menarik anda kebawah bukan atas. Lawan ketakuan itu dengan tegar dan berani menghadapinya dengan tetap melakukan tindakan-tindakan meskipun anda sendiri takut, tapi percayalah, jaring penyelamat akan segera datang.

Bicara soal usaha untuk meraih kesuksesan dan usaha sekedar bertahan hidup. Dalam hal itu, semua perlu tindakan dan komitmen. Mengerahkan segala macam usaha dan perjuangan. Ini tidak ada yang salah. Itu semua adalah perjalanan menuju sukses mereka. Seperti yang saya katakan tadi, sukses memiliki arti yang luas. Sebenarnya, semua orang di dunia ini berpotensi sukses dalam bidang dan kehidupannya masing-masing. Kita bisa mendefinisakan sukses itu luas sekali asal memiliki kriteria sukses, yaitu bergairah dan berkomitmen tuk meraih hasil, berani, bertindak, bertindak, bertindak, pantang menyerah, melakukan banyak sesuatu yang harus dilakukan untuk sukses sampai batas waktu yang memang diperlukan, maka hasil kahir atau outputnya adalah kesuksesan. Keberuntungan dan keajaiban akan mengelilingi mereka yang mempunyai komitmen kuat dalam meraih kesuksesannya (apapun itu).

Hadapi, jalani setiap jalan kehidupan yang anda lalui, lakukan dan ciptakan kesuksesan anda sedikit demi sedikit sampai anda saatnya mengalihkan semuanya untuk membuat komitmen dengan diri anda sendiri untuk meraih dan mewujudkan impian besar anda. Tidak ada masalah dengan judul diatas, raih setiap kesuksesan kecil untuk meraih kesuksesan yang lebih besar, hadapi apa yang perlu dihadapi dihadapan kalian sebelum kalian menghadapi beberapa tingkatan hidup selanjutnya sampai pada puncak ketinggian yang sebenarnya, anda akan merasakan sukses yang sebenarnya. Jalani hidup ini dengan penuh perjuangan dan usaha maka keajaiban dan keberuntungan akan mengelilingi anda. Sukses itu luas artinya. Jadilah yang tebaik dalam setiap kehidupan, tunjukkan dan buktikan pada dunia bahwa anda adalah pemenang dalam segala macam kompetisi kehidupan.

Tulisan ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya yang masih berjuang memperbaiki dan “mensukseskan kehidupan” saya terlebih dahulu sebelum membuat komitmen dan mulai bersungguh-sungguh meraih impian saya meskipun saya saat ini telah melakukan tindakan nyata tuk meraih impian saya tapi disisi lain saya tengah berjuang “mensukseskan kehidupan” saya dahulu. Saya kemudian disadarkan dan dibakar gairah saya dengan buku inspiratif Ruben Gonzalez “The Courage to Succeed – Jadikan hidup sebagai mahakarya”. Buku itu mampu merubah mindset saya dalam berfikir tentang kehidupan dan mampu memberi inspirasi tiada batas. Buku itu sangat rekomen banget.

Dengan itu saya menjadi tidak bingung dan galau mengenai “antara usaha menuju kesuksesan dan usaha untuk sekerdar bertahan hidup”. Saya penentu arah hidup saya, saya adalah kemudi kemana saya akan pergi dan bagaimana saya sukses, saya punya tujuan, penentu kesuksesan adalah diri kita sendiri, BUKAN orang lain. Karena saya juga yakin, Allah melihat dari proses, jika prosesnya dia percaya, gigih dan mempunyai gairah atau komitmen tinggi tuk bisa meraihnya maka outputnya adalah manisnya kesuksesan. Sesungguhnya Allah juga menghargai komitmen. Tugas kita sebagai seorang pemenang hanya memberi yang terbaik sekuat tenaga dan usaha kita. Jalani walau berat, hadapi walau takut, percayalah, keburuntungan, keajaiban, dan penyelamat akan menaungi anda, Amiinn.

Antara usaha menuju sukses dan usaha hanya sekedar bertahan hidup merupakan proses, dan dalam proses itu ada keberanian, kerja keras, tindakan, dan lain lain yang semua itu adalah salah satu prinsip-prinsip sukses. Seperti yang katakan sebelumnya “Raih kesuksesan-kesuksesan kecil sebelum meraih kesuksesan besar dan impian anda”. Anda adalah pemenang.! Percayalah.!




Posting Komentar